Friday, August 21, 2009

Menyambut Bulan Ramadhan

Tak terasa bulan Ramadhan,bulan yang penuh berkah, telah tiba. Bulan yang dinanti-nantikan umat Islam sedunia ini dimulai hari esok tgl 22 agustus 2009.

Bagi umat Islam, banyak manfaat yang di dapat dari bulan Ramadhan. Diantaranya :

- Pahala yang berlipat. Melakukan ibadah di bulan Ramadhan nilai kebaikannya berlipat dibanding bulan biasanya.

- Setiap mengerjakan shalat tarawih, diberikan berbagai kebaikan oleh Allah, yang setiap malamnya diberikan berkah yang berbeda-beda pula. Subhanallah.

- Berpuasa menyehatkan tubuh. Dengan berpuasa, organ pencernaan kita bisa lebih "istirahat". Ini dikarenakan kita tidak makan atau minum. Dengan niat yang tulus, Insya Allah berpuasa bisa menyehatkan, bukan menyakitkan.

- Meningkatkan rasa saling tolong menolong membantu sesama yang nasibnya kurang beruntung. Dengan berpuasa, kita dapat merasakan begitu tidak enaknya menjadi orang miskin. Lapar, haus, makan hanya dua kali, bahkan ada yang hanya sekali dalam sehari, itupun makan seadanya. Dengan merasakan penderitaan orang miskin ini diharapkan kita lebih menjadi peduli terhadap kaum ini. Bukan hanya dibulan Ramadhan saja, tapi dibulan-bulan lainnya.

- Zakat menentramkan jiwa. Baik pemberi maupun penerima. Pemberi akan tentram jiwanya apabila mereka mau menafkahkan hartanya yang halal itu dengan tulus dan ikhlas. Pemberi akan merasakan kebagiaan yg berbeda dengan yang pernah dirasakan sebelumnya. Sedangkan bagi penerima, mereka merasa tentram karena mendapatkan kenikmatan makanan yang dimakan oleh kaum yg beruntung diberi harta lebih oleh Allah, seperti daging sapi dan beras yang berkualitas. Mereka juga merasakan masih banyak orang yang peduli dengan mereka. Penerima bisa juga memberi, yaitu dengan mendoakan kepada orang yg telah berzakat agar dilapangkan rezkinya dan diberi ketentraman jiwanya ke Allah, Tuhan yang Mahapencipta. Insya Allah dengan kegiatan saling memberi ini kita semua mendapat ketentraman dan kebahagiaan.


Masih banyak manfaat yg kita dapat dalam bulan Ramadhan ini apabila kita menyambutnya dengan suka cita dan menjalankan ibadah dengan ikhlas. Insya Allah.

0 comments: